KULIAH TENTANG DISABILITAS

 

Berbagai cara banyak dilakukan oleh Dosen Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga  untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kuliahnya. Salah satunya mata kuliah Perkembangan Peserta Didik dengan dosen pengampu Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si. Dalam kuliah tersebut mendatangkan seorang dosen tamu dari luar negeri yang bernama Earlene. Earlene merupakan ketua dari salah satu asosiasi difabel dari Kanada. Dalam kuliah tersebut beliau memaparkan materi tentang anak dengan berkebutuhan khusus (difabel).

Menurut beliau, setiap anak dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anak yang lahir dengan kebutuhan khusus berhak mendapat hak yang sama dengan anak yang lainnya. Salah satunya adalah hak dalam bidang pendidikan. Pendidikan untuk anak berkebutuhan khsusus dikenal dengan nama pendidikan inklusi.

Di Indonesia pendidikan Inklusi merupakan hal yang masih baru. Pendidikan inklusi merupakan sebuah pendekatan untuk meniadakan hambatan-hambatan yang dialami siswa dengan berkebutuhan khusus yang dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

Tugas mahasiswa pendidikan kimia adalah belajar tentang anak berkebutuhan khusus tersebut. Apa yang mahasiswa pendidikan kimia dapat lakukan? Dalam mata pelajaran kimia, masih banyak konsep-konsep yang bersifat teoritis. Tugas kalian adalah bagaimana konsep itu dapat disederhanakan sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siswa berkebutuhan khusus. Salah satunya dengan cara membuat media yang dapat diterima dengan mudah oleh siswa dengan berkebutuhan khusus.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *